Menu
Inti dari algoritma pemrograman

Inti dari algoritma pemrograman

  • November 22nd, 2018

Pemrograman, hem… mungkin bagi sebagian orang kurang begitu tahu apa itu pemrograman atau mungkin tahu tetapi tidak begitu menarik. Akan tetapi bagi saya sendiri pemrograman adalah sesuatu yang sangat-sangat menarik. Karena dengan kita melakukan aktivitas pemrograman atau biasa dikenal dengan programming atau koding atau ngoding atau apalah namanya kerennya kita dapat membuat sebuah program baru yang dapat berguna bagi diri kita atau mungkin bisa juga tidak berguna bagi kita. Namun pada intinya, ketika kita membuat program baru kita merasa senang, bahagia, gembira seperti seorang pelukis yang berhasil menyelesaikan lukisan barunya.

Saya masih ingat pesan dari dosen saya, pemrograman itu intinya cuma ada dua, yaitu percabangan dan perulangan (conditionals and looping), lebih tepatnya sih inti dari algoritma pemrograman. Dan setelah saya pikir-pikir, saya membenarkan pernyataan dosen saya tersebut, karena memang benar dalam suatu aktivitas programming apapun bahasa pemrogramannya, kita diharuskan untuk menuliskan kode program yang urut-urutan algoritmanya kalo tidak mencabang ya mengulang.

Oke mari kita buat sebuah contoh tentang algoritma Aplikasi Hasil Ujian dimana aplikasi tersebut akan memberikan informasi kepada dosen tetang siapa-siapa saja mahasiswa yang lulus tes atau yang tidak lulus dengan passing gradenya 70, dan dengan inputan data hasil tes mahasiswa. Algoritmanya adalah masukkan nilai mahasiswa ke aplikasi satu persatu, urutan berdasarkan nama, jika nilai lebih dari 70 maka lulus tes, jika tidak maka gagal (kondisi ini disebuah sebuah aktifitas percabangan), masukkan lagi sampai dengan seluruh mahasiswa terekam hasilnya (kondisi ini disebut perulangan atau looping). Setelah nilai mahasiswa masuk semua dan sudah direkam hasilnya maka tampilkan satu satu di aplikasi (perulangan kembali) dan selesai.

Itu tadi contoh sederhananya, dimana sebuah aplikasi atau programmer dibangun tidak lepas dari percabangan dan perulangan.  Lalu mungkin akan timbul pertanyaan apakah pemrograman cuma seputar itu saja? Jawabannya pasti tidak masih ada hal-hal yang perlu dipelajari dan bisa dibilang tidak mudah tetapi juga tidak susah. Asal kita mempunyai tekad dan ketekunan semua dapat kita kuasai. Saya menekankan juga jika ilmu logika kita bagus maka akan sangat membantu dalam aktivitas pemrograman. Yang paling penting menurut saya adalah kecintaan dan kesenangan dalam proses programming karena dengan begitu programming atau pemrograman tidak akan membebani kita akan tetapi membuat kita bahagia.

Akhir kata aktivitas pemrograman atau programming itu ibarat sebuah seni, seni merangkai kode-kode program sedemikian rupa agar dapat menciptakan sebuah aplikasi baru yang dapat kita nikmati hasil dan manfaatnya. Happy programming.

Posted In:
notes programming

Add commentYour email address will not be published

Kategori