Menu
Langkah-langkah membuat wordpress theme sendiri

Langkah-langkah membuat wordpress theme sendiri

  • December 5th, 2018

Teman-teman yang mempunyai website atau blog yang memakai platform wordpress, mungkin sebagian mempunyai keinginan untuk membuat theme wordpress nya sendiri atau sekedar mengkonsumize theme yang ada agar lebih unik dan beda dari blog-blog lainnya. Sebenarnya membuat wordpress theme itu tidak susah-susah banget, dengan sedikit keahlian di bidang web desain, memahami html, css, sedikit php, dan kemauan yang keras maka teman-teman dapat membangun theme wordpressnya sendiri.

Nah dalam tulisan saya kali ini saya akan mencoba memberikan catatan mengenai langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam membuat wordpress theme sendiri, langkah-langkah disini berarti hanya berisi garis besarnya saja tanpa ada tutorial contoh membuat theme nya.

Persiapan

Sebelum pembuatan wordpress theme, maka hal-hal yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut :

  • Localhost server, biasanya penulis memakai xampp
  • Installasi wordpress di localhost server karena kita tidak mungkin mendevelop theme kita di wordpress yang sudah online kan.
  • Html template, jika kita tidak ingin membuat desain dari awal maka sebaiknya kalian mencari html template baik yang berbayar maupun yang gratis untuk nanti dijadikan wordpress theme, namun jika kalian memahami ilmu tentang web desain, html dan css dan ingin membuat theme yang benar-benar fresh maka html template disini tidak dibutuhkan

WordPress theme desain

Setelah persiapan selesai maka kita diharuskan membuat desain seperti apa yang akan kita gunakan untuk theme kita, nah seperti yang saya singgung di atas, ketika kita sudah mempunyai html tempate maka kita sudah mempunyai desain tinggal langkah selanjutnya menjadikan html template tersebut wordpress theme, namun jika kita belum mempunyai html template maka kita harus membuat desain sesuai keinginan kita untuk theme kita. Untuk permasalahan desain ini selera masing-masing individu, so berkreasilah sesuai imajinasi anda. Membuat desain yang sederhana terkadang menjadi pilihan dari pada membuat desain yang terlalu ramai.

Mulai membuat wordpress theme

Sebenarnya suatu theme wordpress hanya membutuhkan dua buah file agar bisa digunakan, yaitu

index.php
style.css

index.php berisikan code php dan html yang akan ditampilkan di web, sedangkan style.css berisikan informasi theme dan code stylesheet dari theme. Nah dari yang semula dua buah file ini kita akan memisahkannya mengcloningnya mengkostumize isi nya agar theme wordpress kita menjadi lebih lengkap. so mari dimulai dari,

Membagi file index.php

Kode program yang ada di file index.php kita akan bagi-bagi menjadi empat buah file

header.php
sidebar.php
footer.php
index.php

Header.php biasanya berisi bagian html bagian atas, misalnya dari logo sampai menu. sidebar.php berisikan sidebar, dan footer berisikan bagian bawah misalnya copyright, bottom menu. Nah di index.php sendiri berisikan bagian konten utama dari theme misalnya saja list post untuk homepage ditambahkan kode untuk memanggil file header.php, sidebar.php, dan footer.php. Berikut ini kode nya.

get_header() //untuk memanggil atau menyisipkan header.php
get_sidebar() //untuk memanggil sidebar.php
get_footer() //untuk memanggil footer.php

Mengkopi file index.php dan mengkostumnya

Kode program yang ada di file index.php setelah di bagi-bagi, maka selanjutnya di kopi menjadi file-file lainnya yang nanti nya file-file tersebut mempunyai tugas untuk menampilkan bagian-bagian tertentu dalam website wordpress. berikut ini file-file hasil kopian dari index.php

  • single.php -> untuk menampilkan single postingan
  • page.php -> untuk menampilkan halaman individual page
  • category.php -> untuk menampilkan halaman daftar postingan dari kategori tertentu
  • author.php -> untuk menampilkann halaman daftar postingan dari author tertentu
  • date.php -> untuk menampilkan halaman daftar postingan pada tanggal tertentu
  • tag.php -> untuk menampilkan halaman daftar postingan pada tag tertentu
  • search.php -> untuk menampilkan halaman daftar postingan pada kata kunci pencarian tertentu

File tambahan di wordpress theme

Nah setelah file index.php di kopi-kopi dan dikostumize kodenya maka sebenarnya wordpress theme yang kita buat sudah hampir komplit, tetapi ada beberapa file lagi yang harus dibuat agar untuk menyempurnakan theme kita. berikut ini file-file tersebut.

  • comment.php -> digunakan untuk menampikan komentar, biasanya nanti disisipkan atau dipanggil di file single.php atau page.php
  • attachment.php -> untuk menampilkan sebuah attachment
  • 404.php -> file ini digunakan untuk menampilkan 404 error not found pada web dikarenakan pengunjung web tidak bisa menemukan sebuah halaman atau postingan.

Masih ada beberapa file standar wordpress lagi yang bisa dibuat untuk melengkapi wordpress theme kita, akan tetapi menurut saya sendiri cukuplah tidak usah dibuat juga tidak apa-apa. Pastinya selain file-file php dan style.css di atas teman-teman dapat menambahkan file lain misalnya file js, image, font, dan mungkin file css lagi untuk kebutuhan theme yang kita buat. Sampai disini sebenarnya wordpress theme yang kita buat sudah cukup untuk digunakan pada blog atau website kita.

Penutupan, tips dan trick

Jika sudah selesai dibuat pastinya wordpress akan kita pasang di website kita. Nah terkadang apa yang kita lihat dilihat di local server berbeda ketika sudah kita pasang di online server website kita. Jadi terkadang kita juga butuh mengeditnya ketika sudah digunakan, proses mengedit bisa melalui file web hosting atau dari halaman administrator wordpress tepatnya di bagian Appearance -> editor.

Untuk tips dan tricknya dalam pembuatan wordpress theme adalah sebagai berikut:

  • Teman-teman dapat menggunakan framework front end dalam membangun wordpress theme misalnya saja memakai bootstrap
  • Ketika sedang dalam proses develop, pastikan juga theme dapat berjalan baik di berbagai tipe web browser dan device. misalnya saja berjalan baik di laptop, pc, dan mobile.
  • Sintax atau API dari wordpress dapat anda temukan di website resmi wordpress di codex.wordpress.org, so belajar lah lebih lanjut disana

Demikian sedikit catatan saya mengenai langkah-langkah dalam pembuatan wordpress theme untuk website kita, semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan mohon sampaikan di kolom komentar. Have a nice life.

Posted In:
wordpress

Add commentYour email address will not be published

Kategori